Scammer Rugikan 567 Ribu Dolar AS Milik NFT Bored Ape

Informasi datang dari pemegang NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang kabarnya telah dilaporkan kehilangan beberapa NFT miliknya. Mereka telah ditipu untuk menukar NFT dengan gambar yang tentu tidak berharga atau dalam istilah sebagai transaksi palsu.

Para pengguna Twitter yang menggunakan nama samaran @0xQuit, memposting detail penipuan yang telah menyebabkan korban kehilangan NFT BAYC #1584 dan juga dua NFT Mutan Ape #13168 serta #13169, setelah menukarkannya kepada scammer.

BAYC #1584 sendiri merupakan salah satu jenis tampilan dari 119 NFT ‘bubble gum ape’, yang merupakan NFT dengan gambar kartun kera sedang meniup gelembung permen karet.

Berdasarkan menurut Rarity Tools NFT ini memiliki skor kelangkaan 111,99 dari 10.000, yang artinya NFT itu termasuk dalam ketegori langka.

Kronologi korban menukar NFT-nya dengan scammer melalui layanan pihak ketiga yang disebut swapkiwi.

Namun tidak seperti pasar NFT reguler OpenSea, platform seperti swapkiwi memungkinkan adanya pertukaran NFT langsung antar kolektor sehingga akan mengurangi biaya transaksi.

Disini korban secara tidak sadar, jika ternyata scammer telah memasang NFT tiruan sebagai imbalan pada transaksi mereka.

Kemudian penipu menggunakan gambar NFT Bored Ape, yang sebenarnya hanyalah replika. Berdaarkan 0xQuit, scammer memanfaatkan swapkiwi untuk menampilkan NFT yang terverifikasi.

Scammer tentunya dapat memalsukan verifikasi ini hanya dengan mengambil gambar NFT Bored Ape dengan sedikit mengedit tanda centang di atasnya.

Setelah selesai menukar NFT-nya, korban tentu akan menerima NFT yang tidak berharga, sementara scammer tentu akan menerima NFT senilai 570 ribu dolar AS.

Seperti diketahui, pelaku menjual NFT tersebut dengan harga 98 ETH atau senilai 337 ribu dolar AS, yang berarti ia telah menjual dengan harga yang lebih rendah dari harga dasar BAYC saat ini, yaitu sekitar 111 ETH atau senilai 382 ribu dolar AS.

Tentu insiden ini telah menjadi peringatan bagi pemilik NFT dengan adanya tindak kejahatan peretasan yang telah menargetkan mereka sebagai korban.

Mengisi waktu luang dengan membaca berita sangat mengasikkan, namun ada juga cara lain yang tak kalah asik yaitu dengan bermain slot. Permainan slot dimainkan untuk mencari kesenangan, menang hanyalah bonus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.